Sebelum masuk ke contoh analisis SWOT,
mungkin di antara anda sudah tidak asing lagi dengan metode analisis
bisnis yang satu ini, yaitu Analisis SWOT. Metode ini memang cukup
populer untuk di gunakan, karena dengan penjelasan yang simple kita
dapat menilai suatu perusahaan secara keseluruhan dengan akurat.
Terlepas dari metode ini, memang masih banyak sebenarnya metode analisis
yang dapat di gunakan, seperti metode analisis 5 forces of porters
(cukup terkenal), dan lain-lain tentunya.
Tidak dipungkiri suatu hasil analisis sangat dapat berguna untuk internal perusahaan itu sendiri (sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja) dan pihak eksternal (sebagai bahan pertimbangan untuk berinvestasi). Sebelum lebih jauh mengenai contoh analisis SWOT, tidak salahnya kita mengulang kembali pengertian analisis SWOT atau apa itu analisis SWOT.
S = Strengths (Kekuatan)
W = Weaknesses (Kelemahan)
O = Opportunities (Kesempatan)
T = Threats (Ancaman)
Mengutip dari wikipedia, analisis SWOT adalah :
Dari penjelasan singkat di atas mungkin anda sudah ada gambaran mengenai pengertian SWOT, tidak sah sepertinya sebelum masuk ke contoh analisis SWOT, baiknya kita membahas mengenai sedikit manfaat analisis SWOT bagi perusahaan.
Dengan saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. Untuk menyempurnakan atau melengkapi pemahaman tentang analisis SWOT, maka saya akan memberikan bagaimana contoh analisis SWOT suatu perusahaan.
Tanpa panjang lebar, yuk kita ke bahasan contoh analisis swot perusahaan (saya ambil contoh perusahaan NOKIA), Contoh analisis SWOT NOKIA:
Sumber : http://www.bisnisrumahanpemula.com/contoh-analisis-swot/
Tidak dipungkiri suatu hasil analisis sangat dapat berguna untuk internal perusahaan itu sendiri (sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja) dan pihak eksternal (sebagai bahan pertimbangan untuk berinvestasi). Sebelum lebih jauh mengenai contoh analisis SWOT, tidak salahnya kita mengulang kembali pengertian analisis SWOT atau apa itu analisis SWOT.
Pengertian Analisis SWOT
Pada kesempatan kali ini yuk kita bahas Pengertian Analisis SWOT, pertama-tama kita perlu mengetahui singkatan dari SWOT itu sendiri, yaitu:S = Strengths (Kekuatan)
W = Weaknesses (Kelemahan)
O = Opportunities (Kesempatan)
T = Threats (Ancaman)
Mengutip dari wikipedia, analisis SWOT adalah :
“Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)”.NB: Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin suatu proyek riset pada Universitas Stanford tepatnya dasawarsa 1960 an dan 1970 an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Dari penjelasan singkat di atas mungkin anda sudah ada gambaran mengenai pengertian SWOT, tidak sah sepertinya sebelum masuk ke contoh analisis SWOT, baiknya kita membahas mengenai sedikit manfaat analisis SWOT bagi perusahaan.
Manfaat Analisis SWOT
Metode analisis SWOT merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.Dengan saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. Untuk menyempurnakan atau melengkapi pemahaman tentang analisis SWOT, maka saya akan memberikan bagaimana contoh analisis SWOT suatu perusahaan.
Contoh Analisis SWOT Perusahaan
Dengan adanya contoh analisis SWOT, maka sangat berharap anda bisa memahaminya secara keseluruhan mengenai analisis SWOT. Perlu di pahami, inti analisis SWOT ini adalah menilai dalam/internal perusahaan dengan melihat kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses), kemudian menilai luar/eksternal perusahaan dengan melihat peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats).Tanpa panjang lebar, yuk kita ke bahasan contoh analisis swot perusahaan (saya ambil contoh perusahaan NOKIA), Contoh analisis SWOT NOKIA:
NB: Sebelumnya perlu diperhatikan, saya tidak mencantumkan data dan hanya memberikan penjelasan sekedarnya karena nanti akan memakan banyak tulisan. Bagi anda yang ingin serius menganalisis memakai metode SWOT, maka WAJIB untuk menyertakan data dan penjelasan yang maksimal agar analisis benar-benar tepat.
1. Strengths (Kekuatan)
- Pengalaman
- Jaringan Terbesar Penjualan & Distribusi
- Hubungan Pelanggan yang Kuat
- Berbagai Macam Produk untuk Semua Kelas
2. Weaknesses (Kelemahan)
- Kurang Gaya Dalam Produk Murah
- Kehilangan Pangsa Pasar
3. Opportunities (Kesempatan)
- Pertumbuhan Pasar Baru
4. Threats (Ancaman)
- Ponsel China
- Pesaing Seperti Samsung & Apple
Kesimpulan
Setelah menganalisis semua faktor, langkah selanjutnya adalah bagaimana memaksimalkan kekuatan (strengths), menutupi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan menangkal semua ancaman (threats) yang datang. Semoga penjelasan contoh analisis SWOT diatas dapat memberikan gambaran mengenai analisis SWOT secara keseluruhan.Sumber : http://www.bisnisrumahanpemula.com/contoh-analisis-swot/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar