Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Feedburner

I heart FeedBurner

Minggu, 27 Agustus 2017

Turotial Pemula Construct 2

Tutorial-Tutorial Alternatif

Ada sebuah tutorial alternatif bagi pemula: Cara Membuat Platform Game, yang bertujuan untuk membuat 'lompatan-dan-lari pada sebuah platformer' daripada 'top down shooter'. Anda dapat memulai salah satu tutorialnya, akan tetapi kami sangat menyarankan agar anda menyelesaikan kedua tutorial tersebut untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana membuat kedua game tersebut.
Ada juga Cara membuat Asteroid Clone di bawah 100 Event yang dibuat oleh Kyatric. Sedikit lebih menantang namun sangatrinci dalam pembuatannya.

Menginstall Construct 2

Jika anda belum memilikinya, segera dapatkan Construct 2 di sini . Construct 2 Editor hanya dapat digunakan pada Windows, akan tetapi permainan yang anda buat dapat dijalankan di berbagai platform, seperti Mac, Linux, dan iPad. Construct 2 juga dapat diinstal pada 'akun user yang terbatas. Sifatnya juga 'portabel', jadi anda bisa menginstallnya di USB Stick, dan bisa dibawa kemanapun!

Memulai

Sekarang Anda sudah siap, jalankan program Construct 2. Klik Tombol file , Dan Pilih New .https://www.scirra.com/images/articles/filenew.png
Pada pilihan New Project , Anda tidak perlu mengganti apapun. Cukup klik New empty project . https://www.scirra.com/images/articles/newprojdialog65.png
Construct 2 akan menyimpan keseluruhan data dalam satu file .capx . Sekarang Anda seharusnya sudah ada pada sebuah layout kosong - sebuah 'desain' dimana anda bisa membuat dan mengatur berbagai objek. Bayangkan saja halaman Layout sama seperti sebuah level dalam permainan atau halaman menunya. Pada program game developer yang lain, Layout dapat berupa room, scene atau frame.

Memasukan Objek

Tiled Background

Hal pertama yang ingin kita lakukan adalah memasukkan background'. Objek Tiled Backgroundlah yang dapat berfungsi sebagai background. Pertama, silakan Anda simpan terlebih dahulu gambar berikut ke dalam sebuah folder - click Kanan Dan simpan ke sebuah folder:
Sekarang, Klik 2x ruang kosong pada Layout untuk memasukkan objek baru. (Selanjutnya, jika Sudah Penuh, dapat juga dilakukan dengan cara click kanan dan pilih Insert New Object.) Saat jendela Insert New Object muncul, Klick 2x pada Tiled Background untuk memasukkannya.Jendela Insert New Object

Sebuah tanda + (disebut crosshair) akan muncul menunjukkan di mana kita akan menempatkan objeknya . Klik dimanapun di tengah Layout. Sekarang jendela Texture Editor muncul, Anda dapat memasukan tekstur (gambar) menjadi gambar 'tile'. Impor atau masukkan 'tile image' yang anda simpan sebelumnya. Klik icon folder untuk memasukkan file, cari di mana Anda menyimpannya tadi, dan pilih gambar tersebut.https://www.scirra.com/images/articles/loadtexturefromfile.png
Tutup jendela Texture Editor dengan cara click tanda X pada bagian paling atas sebelah kanan. Sebagai saran, Pastikan Anda telah menyimpan datanya! Sekarang Anda akan melihat objek Tiled Background yang telah Anda masukkan ke dalam Layout. Saatnya mengubah ukurannya sehingga memenuhi Layout permainan. Pastikan objek tersebut telah terseleksi, lalu di sebelah kiri akan muncul Properties Bar yang menunjukkan semua pengaturan untuk objek tersebut, termasuk ukuran dan posisinya. Atur posisinya menjadi 0, 0 (Layout paling atas sebelah kiri), Dan ukurannya menjadi 1280, 1024 (ukuran Layout).https://www.scirra.com/images/articles/tiledproperties.png
Saatnya meninjau pekerjaan kita. Tahan control dan scroll mouse ke bawah untuk zoom out. Cara alternatif, click viewt - zoom out beberapa kali. Anda dapat juga menekan tombol spasi, atau tombol tengah pada mouse, untuk menggeser. Mudah, kan? Tiled Background Anda kini telah memenuhi seluruh isi Layout:https://www.scirra.com/images/articles/tiledui.jpg

Tekan kombinasi tombol CTRL + 0 atau click view - zoom to 100% untuk kembali ke sudut pandang 1:1.

Sumber : https://www.scirra.com/tutorials/37/beginners-guide-to-construct-2/id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar