Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Feedburner

I heart FeedBurner

Minggu, 15 Januari 2017

Konfigurasi git

Sebelum kamu menginstall git, pastikan package list kamu dalam keadaan update, jadi biasakan lakukan sudo apt-get update sebelum melakukan instalasi dilinux!
Tunggu sampai prosesnya selesai, jika sudah cek apakah gitnya sudah terinstall dengan baik dengan mengetikan :

Install Git di OSX

Untuk menginstall git di OSX kita harus mendownload file instalasi git disini http://git-scm.com/download/mac kemudian install saja seperti biasa.
git-osx-installer
atau juga bisa di install lewat terminal atau bash di macosx tapi saya kurang paham hehe, caranya tinggal ketikan saja $ git kemudian akan ada perintah untuk mengintall git, ikuti saja perintahnya.

Install Git di Windows

Sama seperti di OSX sebelum kita menginstall git terlebih dahulu kita download file installernya disni http://git-scm.com/download/win dan install seperti biasa, namun bedanya di windows dengan Linux dan OSX adalah cara penggunaan CLI atau command linenya.
kalau di Linux dan OSX kita bisa langsung mengetikan perintah git di Bash atau Terminal sedangkan di windows harus menjalankan Bashnya terlebih dahulu, karena di windows CLInya beda dengan yang di Linux *CMIIW.
  • Cara Membuka Bash Git di Windows
    Setelah berhasil menginstall git kita harus membuka git terlebih dahulu, simak gambar dibawah :
    cara-install-git-di-windows
    Sumber : www.udacity.com
    Setelah terbuka, tempilannya akan sama dengan Bash atau Terminal di Linux dan OSX. Kemudian kita akan mengkonfigurasi gitnya. semua OS cara konfigurasinya sama seperti dibawah ini.

Cara Setup / Konfigurasi Git

Ketika pertama kali kita menggunakan git akan muncul error dan perintah untuk memasukan username dan email seperti ini :
nah, kamu harus memasukan username dan email yang telah kamu daftarkan di github atau gitlab, jadi sebelum kita menggunakan git kita harus punya akun terlebih dahulu disana agar kita bisa mengakses repository kita nantinya. cara mengatasi errornya cukup ganti saja username dan email diatas. ingat harus yang sudah terdaftar di github atau gitlab!
jika sudah benar, maka secara otomatis git akan melanjutkan proses atau aktifitas mem-push file kita ke repository yang tadi sudah didaftarkan. pada artikel selanjutnya kita akan belajar cara menggunakan git. jangan lupa subscribe linuxbae yaa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar