Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Feedburner

I heart FeedBurner

Sabtu, 04 November 2017

Mengganti Boot Screen Ubuntu

Mengganti Boot-Screen (plymouth) pada Ubuntu
Assalamu’alaikum wr. wb.
Saya akan menceritakan bagaimana saya mengganti tampilan boot-screen (plymouth) pada Ubuntu. Saya menggunakan ubuntu 12.04.2 yang menggunakan plymouth standar seperti pada gambar berikut :plymouth_std
Langkahnya adalah menginstall plymouth yang baru, lalu menggantinya. Pertama, saya menginstall plymouth lewat synaptic atau bisa juga menggunakan USC. Pada kolom search, isikan dengan plymouth. Kemudian pilih plymouth yang akan diinstall, klik kanan lalu pilih Mark for installation, klik tombol Apply. Proses instalasi ini tentunya harus dalam keadaan terkoneksi dengan internet.plymouth_synaptic
Langkah kedua adalah mengganti plymouth standar ke plymouth yang baru diinstall dengan sedikit perintah di terminal. Buka terminal, lalu masuklah sebagai root dengan cara mengetikkan su atau sudo su. Kemudian ganti plymouth dengan perintah update-alternatives –config default.plymouth kemudian pilih nomor plymouth. Saya menggantinya dengan nomor 4 (plymouth-theme-solar).
Gambar untuk langkah kedua dan ketiga.plymouth
Langkah terakhir adalah eksekusi terakhir dan restart dengan perintah update-initramfs -u && init 6. Tunggu sampai restart dengan sendirinya. Apa yang akan terjadi kemudian? Silakan amati tampilan boot-screen yang baru 2qtv98l

Tidak ada komentar:

Posting Komentar