Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Feedburner

I heart FeedBurner

Rabu, 29 Agustus 2018

Pengertian WEKA

Apa itu Weka? Weka merupakan aplikasi yang dibuat dari bahasa pemrograman java yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan data mining (penggalian data). Weka berisi beragam jenis algoritma yang dapat digunakan untuk memproses dataset secara langsung atau bisa juga dipanggil melalui kode bahasa java. Weka berisi peralatan seperti pre-processing, classification, regression, clustering, association rules dan visualization. Weka dapat juga digunakan untuk memproses big data dan dikembangkan guna memenuhi skema machine learning (ML). Weka bersifat open source dibawah lisensi GNU General Public License.
Artikel ini berisi pengantar Weka, untuk mengunduh dan melakukan pendalaman materi silakan kunjungi official web Weka disini:
Untuk mengunduh e-book terkait dengan Weka yang berjudul “Practical Machine Learning Tools and Techniques” karangan Ian Witten dkk silakan klik tautan ini:
Setelah Weka dipasang dikomputer, selanjutnya kita dapat melakukan beberapa percobaan algoritma. Weka juga telah menyediakan dataset bawaan seperti iris, cpu, diabetes dan lainnya dalam format *.arff. Tampilan antarmuka Weka dapat dilihat dibawah ini:
weka_main
Sedangkan untuk melihat hasil proses dari Weka dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
weka_explore
Demikianlah perkenalan dengan Weka. Artikel berikutnya akan membahas beberapa contoh percobaan klasifikasi data.
Sumber : https://abdiansah.wordpress.com/2014/11/30/mengenal-weka/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar