Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Feedburner

I heart FeedBurner

Rabu, 08 Juni 2016

Tutorial instal ionic

Ionic Framework – sebelum kita melanjutkan instalasi, alangkah seru jika kita mengenal apa yang kita install itu. oke terlebih dahulu saya akan mengenalkan apa itu ionic framework ?
Ionic merupakan framework HTML5 yang dikembangkan menggunakan HTML, JavaScrip, dan CSS yang berguna untuk mengembangkan aplikasi mobile menggunakan teknologi Web.
Ionic Framework adalah sekumpulan teknologi yang dikembangkan untuk membangun aplikasi mobile hybrid. Ionic sendiri menggunakan AngulaJS sebagai framework yang basicnya Web dan Cordova untuk membangun aplikasi mobile. Framework Ionic ini bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile native/hybrid (penjelasan sederhana hybrid yaitu sekali buat aplikasi bisa digunakan untuk Android dan IOS).

Cara Instal Ionic Framework di Windows

Konfigurasi Ionic

sebelum kita menggunakan/langkah selanjutnya dalam mempelajari ionic, terlebih dahulu anda perlu menginstall beberapa tool. Ikiti step by step dari pembahasan ini supaya anda supaya lebih paham dalam instalasi Ionic.

1. Download dan Install Node.js

Node.js merupakan salah satu tool popular untuk membangun utilisasi command line, ionic dan cordova merupakan salah satu yang menggunakan node.js ini. anda dapat mendownloadnya disini (sesuaikan dengan komputer yang digunakan misalkan 32 bit atau 64 bit). Anda tidak perlu melakukan PATH Environment karena sudah di atur sendiri pada saat instalasi.

2. Download dan Install Java

sebelum memulai ionic, pastikan Java sudah terinstall. java dibutuhkan untuk menjalankan android SDK, sedelah anda instalsi java jangan lupa di PATH Environment,  karena ini sangat berpengaruh nantinya. untuk mengatur PATH Environmentnya : klik kanan pada computer – pilih Properties – pilih Advanced System Setting – pada menu Advanced pilih Environment Variables..
cara install ionic framework di windows
cek java yang sudah di install
cara install ionic framework di windows
PATH Environmeny Java
Download java Disini

3. Download Apache Ant

Apache Ant ini dibutuhkan oleh android dan Cordova. jika sudah selesai mendownload apache ant-nya, ekstrak file download ke dalam direktori yang di inginkan. kemudian tambahkan PATH Environment ke folder bin/variabel path environment. berikut tambahkan path :
cara install ionic framework di windows
path environment apache ant
Download Apache Ant disini

4. Download Android SDK

Android SDK menyediakan tool untuk mengembangkan aplikasi android, silahkan downlad dahulu tool android SDK-nya. untuk install android SDK  ini banyak cara bisa di install, salah satunya dengan menginstall android Studio atau bisa juga dengan mendownload Android SDK saja. namun intinya kita hanya memerlukan anroid SDKnya saja. Android SDK berisikan library dan emulator android yang berguna untuk aplikasi mobile yang di buat nantinya. dan jangan lupa lupa untuk mengatur PATH Environment-nya.
cara install ionic framework di windows
path environment android sdk

5. Mengatur Path Environment Setiap Tool

ini yang paling penting dalam melakukan path environtment pada semua tools yang sudah di install dan di path. sebenarnya path di atas hanya untuk memudahkan saja, tidak ada fungsinya jika path environment ini tidak dibuat. intinya ini path dari keseluruhan dari semua tool yang ada. berikut gambarnya :
cara install ionic framework di windows
path environment dari keseluruhan tool
berikut isinya :

6. Instalasi Cordova dan Ionic

setelah semua tool di atas sudah di siapkan, tahap terakhir adalah melakukan instalasi Cordova dan Ionic. Buka command prompt atau Node.js command prompt , ketikkan perintah berikut :
dalam proses instalasi ionic ini memelukan koneksi internet yang stabil, karena jika koneksi internet tidak stabil akan terjadi banyak eror pada saat instalasi. jika memang tidak bisa silahkan ulangi perintah untuk di atas no 6.
oke, sekian tutoeial instalasi ionic, kita berjumpa kembali di tutorial selanjutnya cara membuat mobile application menggunakan ionic framework.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar