Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Feedburner

I heart FeedBurner

Minggu, 08 Oktober 2017

Dasar Dasar XML

Kegunaan dan Cara Menggunakan XML – XML (eXtensible Markup Language) digunakan dalam banyak aspek pengembangan web, sering dipakai untuk menyederhanakan penyimpanan dan pertukaran data. Berikut beberapa penggunaan umum XML untuk web sekarang ini:
  • pengembangan web
  • dokumentasi
  • pengembangan database

XML dalam Pengembangan Web

Di satu sisi, Anda bisa berpendapat bahwa ini adalah penggunaan paling luas dari XML, sebagai XHTML.
Karena XHTML hanya pengerjaan ulang HTML 4.0, banyak situs HTML 4.0 yang benar-benar menggunakan bentuk valid XHTML.
Tapi manfaat dari XML tidak bahwa itu sudah ada sebagai XHTML, tetapi Anda dapat membuat dokumen web dari XML menggunakan XSLT untuk mengubah dokumen Anda ke dalam HTML. Anda kemudian dapat mengirim XML untuk prosesor XSLT pada server web dan melayani hasil yang ke browser web. Hal ini membuat dokumentasi Anda tersedia dalam format apapun yang Anda butuhkan untuk menjadi di dalamnya.

XML dan Pengelolaan Konten

Ironisnya, kebanyakan situs-situs yang menggunakan XML, para desainer web dan pengembang konten mungkin bahkan tidak tahu bahwa XML ada di sana. Hal ini karena umumnya ada CMS atau sistem manajemen konten yang berada di depan XML untuk membuatnya lebih mudah bagi penulis konten untuk menulis konten web mereka tanpa perlu khawatir bagaimana menulis HTML atau mendesain halaman web.

XML dan Dokumentasi

Banyak perusahaan yang berpindah ke XML untuk menulis dokumentasi internal mereka. Keuntungan dari XML untuk dokumentasi adalah bahwa hal itu dapat digunakan untuk menentukan ciri-ciri umum dalam buku-buku, majalah, cerita, iklan, dan sebagainya.
Hal terbaik tentang XML untuk dokumentasi adalah bahwa XML mudah dipahami bagi manusia, baik dari dokumentasi yang sebenarnya, tetapi juga kode XML sekitarnya. XML dapat digunakan untuk semua jenis dokumentasi, dari penerbitan untuk bahan pemasaran.
Berikut adalah contoh dari dokumentasi yang ditulis dalam XML:
<cara>
  <judul>Bagaimana Menulis Link Email</judul>
    <penulis>Jono Nur Cahyo, Panduan Desain Web</penulis>
    <penjelasan>
      <paragraf>
        Menggunakan tag HTML memungkinkan pembaca Anda mengirimkan email langsung daru situs Web Anda.
      </paragraf>
    </penjelasan>
    <arahan>
      <langkah>Tulis link seperti biasa <a href="">email saya</a></langkah>
      <langkah>Dimana Anda akan menempatkan URL secara normal, tempatkan kode "mailto" <a href="mailto:">email saya</a></langkah>
      <langkah>Kemudian tempatkan alamat email Anda setelah titik dua <a href="mailto:html@tentangpanduan.com">email saya</a></langkah>
    </arahan>
</cara>
Seperti yang Anda lihat, baik data dan XML yang dapat dibaca dan dimengerti. Konten juga dalam urutan yang akan diharapkan oleh pembacaan manusia dokumen.

XML dan Pengembangan Database

Database adalah penggunaan alami untuk XML, karena XML adalah semua tentang data. Tidak seperti XML untuk dokumentasi, XML untuk database tidak perlu dibaca oleh manusia. Data tersebut hanya ditulis sedemikian rupa untuk memungkinkan mesin untuk membacanya dan membuatnya dapat diakses ke database.
Berikut XML yang mungkin dimuat ke dalam database:
<barang nomor="00001">
  <nama>
    <pertama>Jono</pertama>
    <tengah>Nur</tengah>
    <akhir>Cahyo</akhir>
  </nama>
  <telepon type="suara">
    <kodearea>0267</kodearea>
    <nomor>444-333</nomor>
  </telepon>
  <telepon type="fax">
    <kodearea>0267</kodearea>
    <nomor>444-334</nomor>
  </telepon>
  <email>jcahyo@gmail.com</email>
</barang>
Berbeda dengan dokumen XML, ini tidak diperlukan bahwa ini menjadi mudah dibaca oleh manusia. Karena dimaksudkan untuk menjadi masukan ke dalam database, itu hanya penting bahwa ini dapat diproses komputer.
Selain penggunaan yang telah dipaparkan di atas. Ada beberapa alasan di bawah ini menjadikan dasar kenapa XML ini sering digunakan untuk pengembangan web, dokumentasi dan pengembangan database:

XML Memisahkan Data dari HTML

Jika Anda perlu menampilkan data dinamis dalam dokumen HTML Anda, ini akan mengambil banyak pekerjaan untuk mengedit HTML setiap kali melakukan perubahan data.
Dengan XML, data dapat disimpan dalam file XML terpisah. Dengan cara ini Anda dapat berkonsentrasi pada penggunaan HTML/CSS untuk tampilan dan tata letak, dan pastikan bahwa perubahan dalam data yang mendasari tidak akan memerlukan perubahan HTML.
Dengan beberapa baris kode JavaScript, Anda dapat membaca file XML eksternal dan memperbarui konten data halaman web Anda.

XML Menyederhanakan Berbagi Data

Dalam dunia nyata, sistem komputer dan database berisi data dalam format yang tidak kompatibel.
Data XML disimpan dalam format teks biasa. Ini menyediakan cara yang bebas perangkat lunak dan perangkat keras untuk menyimpan data.
Hal ini membuat lebih mudah untuk membuat data yang bisa dibagi oleh berbagai aplikasi.

XML Menyederhanakan Transportasi data

Salah satu yang paling memakan waktu tantangan bagi pengembang adalah untuk pertukaran data antara sistem yang tidak kompatibel melalui Internet.
Bertukar data XML sangat mengurangi kompleksitas ini, karena data dapat dibaca oleh aplikasi yang tidak kompatibel yang berbeda.

XML Menyederhanakan Landasan Perubahan

Upgrade ke sistem baru (platform hardware atau software), selalu memakan waktu. Sejumlah besar data harus dikonversi dan data yang tidak kompatibel sering hilang.
Data XML disimpan dalam format teks. Hal ini membuat lebih mudah untuk memperluas atau upgrade ke sistem operasi baru, aplikasi baru, atau browser baru, tanpa kehilangan data.

XML Membuat Data Anda Lebih Tersedia

Aplikasi yang berbeda dapat mengakses data Anda, tidak hanya di halaman HTML, tetapi juga dari sumber data XML.
Dengan XML, data Anda dapat tersedia untuk semua jenis “mesin membaca” (komputer genggam, mesin suara, feed berita, dll), dan membuatnya lebih tersedia untuk tuna netra, atau para penyandang cacat lainnya.

Bahasa Internet Ditulis dalam XML

Beberapa bahasa Internet yang ditulis dalam XML. Berikut adalah beberapa contoh:
  • XHTML
  • XML Schema
  • SVG
  • WSDL
  • RSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar