Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Feedburner

I heart FeedBurner

Selasa, 03 April 2018

Pengantar Google Play Service

 Google play adalah layanan untuk user sedangkan Google play service adalah layanan Google untuk programer Android. Apakah artinya jika kita ingin membuat aplikasi android harus paham dengan Google play service? Tidak juga. Jika anda membuat aplikasi standar android, anda tidak perlu belajar tentang Play service, namun jika aplikasi anda terintegrasi dengan layanan Google, maka anda wajib tahu tentang hal ini.

 

Google Map service (GMS)

Google map service adalah bagian dari Play service. Setiap aplikasi Location based service yang memanfaatkan Google map harus menggunakan Library ini. Tanpa library ini, dipastikan program anda akan error. Google map service ini dipakai untuk membuat tampilan peta di google map, mengganti jenis peta, menambahkan marker, menambahkan infoWindows dan fitur map lainnya. Tempat awal untuk memulai belajar map service ada di https://developer.android.com/google/play-services/maps.html.

Google + (Google+ Platform for android)

Fitur Play service ini sangat harus di implementasikan jika anda ingin agar user login dengan menggunakan Gmail atau Google+. Secara default, user punya email di Android untuk mengakses Play store dan GMail. Jika anda menginginkan user  login dengan G+, maka anda wajib menggunakan layanan ini.   Tempat awal belajar bisa anda baca di https://developer.android.com/google/play-services/plus.html.

Google Cloud Messaging (GCM)

Anda mungkin sudah terbiasa dengan aplikasi Twitter atau facebook, coba perhatikan saat ada notifikasi baru (entah komen/like/reply tweet) maka anda akan diberi notifikasi langsung. Bagaimana aplikasi facebook dan Twitter melakukan hal ini? Jawabannya ada pada teknologi Push notifikasi. Google menyediaka layanan ini dengan nama Google Cloud Messaging (GCM). Kerennya lagi, fitur ini bisa dipakai gratis bagi seluruh developer Android. Contoh aplikasi sederhana yang bisa nda buat misalkan anda membuat toko online, saat ada produk baru, kirim saja lewat GCM ke user, maka seketika itu juga ada notifikasi produk terbaru di gadget user anda. Hebatnya lagi, bahkan saat aplikasi tidak berjalan pun, pesan akan tetap sampai ke user.

Google Analytics Service

Anggaplah anda sudah membuat aplikasi ecommerce mobile android. Pastinya anda ingin mendapatkan laporan berapa jumlah user yang sedang aktif, produk apa yang paling sering dilihat , halaman apa yang paling sering di buka dan sebagainya.

Google Mobile Ad (AdMob)

Anda pasti tahu adsense kan? AdMob adalah layanan iklan dari Google untuk android. Layanan ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin membuat aplikasi gratis namun aplikasi tersebut disertai iklan. Kebanyakan aplikasi gratis di Playstore menggunakan Library ini untuk mendapatkan uang dari aplikasi gratis yang mereka buat.

Google InApp Pay Billing

Layanan ini dipakai jika anda ingin menggratiskan aplikasi anda, namun saat user butuh fitur lanjutan, maka mereka harus bayar. Contoh sederhana seperti ini, misalkan anda membuat aplikasi Game 5 level, anda menggratiskan level 1-2. Jika user  ingin mencoba level3, user diminta membayar 1USD per level. Cara seperti ini, user tidak perlu menginstall program lagi, cukup membayar 1 dollar dan level 3 akan terbuka. InApp Billing banyak dipakai aplikasi Game .

Google play Game service

Ngomong masalah game, tentu tidak lepas dengan namanya highscore leader board, level, atau game multiplayer. Nah terus gimana ya cara membuat aplikasi seperti itu di Android? Jawabannya ad adi Google play Game service. Semua yang berhubngan dengan game sudahdisediakan fungsi fungsinya, silahkan pelajari di https://developer.android.com/google/play-services/games.html

Layanan Lain

Selain layanan diatas, masih ada beberapa layanan yang kurang populer, beberap alayanan tersebut adalah Google play Cast service, untuk membuat aplikasi yang membolehkan video di streaming dari Device android ke layar lebar seperti Android TV atau dengan memanfaatkan Chromecast. Selain itu masih ada layanan Google Wallet, layanan ini dipakai jika anda ingin membuat aplikasi eCommerce langsung di android. Google wallet secara singkat adalah “Paypal” versi  Google. Jika anda ingin membuat aplikasi yang memungkinkan user menyimpan data di Google drive maka gunakan Google Drive service. Contoh sederhana, mungkin anda membuat aplikasi Note, saat note disimpan, data langsung tersimpan di Google Drive. Layanan terakhir adalah Google play Cloud Service. Cloud service adalah layanan yang memungkinkan Backend aplikasi dibuat menggunakan teknologi Cloud google seperti AppEngine atau CloudSQL.
Cepat atau lambat, saya yakin anda akan memakai Play service, maka dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa membuat aplikasi yang bagus, mudah dipakai serta terintegrasi Google, Banyak hal yang perlu dipelajari. Artinya Bermodal java dan XML saja tidak cukup! Artikel selanjutnya (insyaAllah) masih akan membahas play service dalam format tutorial, terutama tutorial tentang Google map di Android. Sekian,  Happy Coding!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar