Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Feedburner

I heart FeedBurner

Rabu, 26 Desember 2018

Mengenal Kerja Remote


Bekerja secara remote telah menjadi aktivitas bagi 34 persen pekerja di Indonesia pada tahun 2013. Jumlah pekerja remote yang pada tahun 2017 mengalami kenaikan menjadi 64 persen ini pun menunjukkan adanya tuntutan transformasi produktivitas di ranah profesional.
Meski bukan hal asing bagi sebagian pekerja, hingga kini belum banyak karyawan perusahaan yang bisa bekerja secara remote. Tidak dapat dimungkiri bahwa ketersediaan fasilitas kerja turut memengaruhi hal ini. Dalam riset Kantar TNS, hanya 44 persen responden yang mengatakan bahwa perusahaan mereka menggunakan teknologi terbaru agar mereka bekerja efektif.
Sementara di Indonesia, hanya 29 persen karyawan yang mengaku terfasilitasi oleh tempat kerja mereka. Angka tersebut cukup ironis, karena negara ini mendapatkan nilai tertinggi mengenai karyawan yang bekerja secara remote. Menyoroti pengaruh teknologi dan efektivitas bekerja, transformasi produktivitas lewat pilihan perangkat kerja perlu menjadi pertimbangan di tengah tuntutan ranah profesional.
Lenovo BC | Image 1
Sumber: Pixabay

Mengenal perangkat workstation

Berbicara tentang komputer untuk bekerja, kita tak bisa mengesampingkan manfaat perangkat penunjang utama bagi pekerjaan ini. Sekarang, ada beberapa pilihan perangkat untuk memenuhi kebutuhan kerja, baik produk konsumen berupa komputer yang ditujukan bagi kalangan umum, maupun produk bisnis seperti komputer perangkat kerja (workstation).
Terkait perangkat kerja, perusahaan teknologi Intel menemukan bahwa penggunaan komputer nirkabel telah meningkatkan produktivitas mereka hingga seratus jam per tahun.
Para pekerja profesional mulai dari engineer hingga kreator konten membutuhkan perangkat dengan fitur yang mampu bekerja optimal dalam aktivitas tertentu, seperti manipulasi data dan memproses grafis. Workstation ini pun hadir untuk menjawab kebutuhan kerja mereka.
Setidaknya, ada beberapa kelebihan pada komputer yang berguna bagi pekerja profesional, seperti:
  • Melakukan rendering grafik kompleks secara lebih cepat
  • Mendukung aplikasi yang membutuhkan banyak kinerja prosesor
  • Menyediakan ruang penyimpanan hingga ukuran terabyte
  • Menghadirkan perangkat kerja yang reliabel bagi pengguna profesional

Lenovo BC | Windows 10

Pentingnya memilih perangkat kerja yang tepat

Oleh karena kegunaannya dalam memfasilitasi para profesional di bidang tertentu, perbedaan di antara komputer di segmen bisnis dan komputer konsumen terletak pada berbagai komponen di dalamnya. Perangkat keras yang dirancang lebih tahan lama, layanan purna jual yang lebih baik, hingga minimnya jumlah bloatware–perangkat lunak tambahan yang kurang penting.
Secara lebih khusus, inilah beberapa komponen teknologi yang dapat kamu temukan dalam komputer produk bisnis:
  • Fingerprint reader yang mampu mengamankan data pengguna.
  • Teknologi yang mengidentifikasi permasalahan dalam perangkat, contohnya: bunyi tertentu yang akan mengisyaratkan adanya kendala dalam perangkat.
  • Kinerja perangkat keras yang mampu meningkatkan produktivitas. Misalnya: Prosesor generasi terbaru serta memori DDR4 untuk membuka aplikasi dengan cepat, kartu grafis yang mampu melakukan rendering secara efisien.
  • Teknologi rapid charge yang memungkinkan baterai laptop kamu mampu terisi nyaris penuh hanya dalam satu jam pengisian.
  • Baterai yang tahan lama untuk mendukung produktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan.
  • Material yang teruji dan reliabel, seperti serat karbon serta desain rangka (chassis) yang menjaga perangkat tetap mampu digunakan meski telah jatuh, terhantam keras, maupun terkena tumpahan air minum.
Sampai di sini, kamu mungkin mulai menyadari kendala apa yang dialami oleh banyak pekerja profesional di luar sana. Ya, sebagian profesional tersebut harus bekerja dengan perangkat komputer yang kurang optimal untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Akibatnya, produktivitas mereka pun bergantung pada perangkat komputer dari kantor.
Menurut spesialis HR di perusahaan Fortune 500, Steve Wang, fasilitas teknologi yang tepat akan membangun pengalaman positif bagi para karyawan. Sejalan dengan hal ini, 78 persen pekerja menganggap pengalaman kerja yang positif sebagai faktor yang penting.
Lenovo BC | Image 3
Sumber: Pexels

Apakah perangkat kerja khusus bisa menjadi investasi bagi perusahaan?

Studi Gartner Research terhadap 177 bisnis menemukan bahwa rata-rata usia pakai komputer desktop adalah 43 bulan dan 36 bulan untuk komputer portable. Dalam riset yang sama, lebih dari sepertiga responden menyatakan bahwa alasan utama mereka mengganti komputer adalah untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Sementara, lebih dari seperempatnya menyatakan bahwa biaya perawatan meningkat seiring dengan mesin komputer yang lebih tua.
Deloitte dalam dokumennya terkait tempat kerja di era digital, menyebutkan bahwa penyediaan perangkat kerja yang tepat mampu meningkatkan pengalaman karyawan dan turut memengaruhi kinerja mereka. Lebih lanjut, perangkat teknologi yang mampu menunjang kinerja akan menghemat waktu kerja hingga 43 menit tiap bulan.
Setelah kamu mengetahui perbedaan produk komputer bisnis dan komputer konsumen, kamu bisa mulai merencanakan tipe perangkat mana yang sesuai untuk bisnis kamu. Ada beberapa alternatif untuk mengupayakan transformasi produktivitas melalui perangkat teknologi, baik komputer desktop maupun komputer portable.
Namun, kamu perlu mengingat bahwa jumlah angkatan kerja yang berasal dari generasi milenial di Indonesia telah mencapai 62,5 juta orang pada tahun 2016. Dalam studi Dale Carnegie Indonesia tentang Employee Engagement Among Millennials, hanya 25% tenaga kerja milenial yang sepenuhnya terlibat dengan perusahaan mereka.
Lenovo BC | Image 3
Sumber: Pexels
Sebagaimana diperbincangkan dalam banyak diskusi, generasi milenial cenderung menyukai jam kerja yang fleksibel dan memungkinkan mereka bekerja remote.
Di sinilah perusahaan berpeluang meningkatkan keterlibatan dan produktivitas karyawan mereka. Salah satunya, lewat perangkat kerja portable yang mendukung mereka untuk bekerja dari mana saja, seperti produk seri Thinkpad milik Lenovo yang didukung Windows 10 Pro. Beragam fitur yang diperlukan oleh pekerja di berbagai ranah industri, tersedia dalam seri jenama produk teknologi ini.
Ingin tahu lebih jauh bagaimana cara milenial mendefinisikan produktivitas di tempat kerja mereka? Pelajari transformasi produktivitas dengan perangkat teknologi yang tepat di sini!

Sumber : https://id.techinasia.com/bagaimana-teknologi-yang-tepat-memengaruhi-produktivitas-pekerja?fbclid=IwAR3tieLuWukyJcbsP6SfesZhWW6U1N0WsJP-S8tluj-3FXY241-E_UMRuys

Tidak ada komentar:

Posting Komentar