Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Feedburner

I heart FeedBurner

Senin, 12 Januari 2015

OSI LAYER

Baiklah teman-teman malam semakin gelap, dan siang semakin terang saya akan mencoba sharing melalui blog ini tentang apa itu OSI layer....OSI ya bukan nasi hehe :D

OSI merupakan singkatan dari Open System Interconnection adalah sebuah model referensi arsitektur antarmuka jaringan yang dikembangkan oleh OSI yang kemudian menjadi konsep standard komunikasi jaringan dihampir semua perangkat jaringan.

OSI layer mempunyai 7 lapisan jaringan :
Baik saya coba jelaskan satu- persatu :
1).Physical Layer
   Pada physical layer berfungsi mendefinisikan media transmisi jaringan, topology jaringan, pengkabelan, dan juga menjelaskan bagaimana NIC dapat berkomunikasi dengan media kabel atau radio
2).Link atau Data Link  Layer
    Link atau data link layer menjelaskan bagaimana bit-bit data di kelompokkan menjadi frame. Selain itu pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras berupa : Mac Address..
3).Network Layer
    Pada network layer ini terjadi pengalamatan IP address, mengecek koneksi tujuan ping dan protokol ICMP bekerja, membuat header untuk paket-paket data, dan kemudian melakukan routing menggunakan router, dan switch..
4).Transport Layer
    Pada layer ini Berfungsi untuk memecah data kedalam paket-paket data, serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut, sehingga disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Pada layer ini ada 2 protokol, yaitu TCP/IP, dan UDP
Protokol TCP/IP ini akan dijelaskan dipostingan selanjutnya..
5). Session Layer
    Pada layer ini berfungsi untuk mendefinisikan  bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara atau dihancurkan. Pada layer ini data melalui protokol TCP/IP
6).  Presentation Layer
    Pada layer ini berfungsi mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)). 
    Pada layer ini juga data yang ditransmisikan di enkripsi supaya lalu lintas di jaringan aman, setelah itu di dekripsi lagi saat sampai ke IP Destination.
7). Application Layer
   Data yang diterima kita buka melalui browser..Pada layer ini terdapat berbagai protokol, seperti http/ https,ftp,tftp, dll.
sumber: http://berbagiittips.blogspot.com/2013/07/layer-osi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar